Subscribe:

Pages

Kamis, 20 November 2014

Konsep Dasar Pengujian Hipotesis


Blog ini saya buat untuk memenuhi salah satu proyek mata kuliah statistika  dasar dengan dosen pengampu Bapak Apit Fathurohman, S.Pd., M.Si.

            Dalam kehidupan sehari-hari, sering kita jumpai banyak hal yang dapat kita deskripsikan dalam bentuk data. Informasi data yang diperoleh tentunya harus diolah terlebih dahulu menjadi sebuah data yang mudah dibaca dan dianalisa. Statistika adalah ilmu yang mempelajari cara-cara pengolahan data.
Untuk meperoleh data-data tersebut, diperlukan adanya suatu penelitian. Penelitian ini didapatkan melalui berbagai cara, dan juga berbagai langka-langkah pengujian dari para pengumpul data. Sebelum melakukan penelitian, kita akan menduga-duga terlebih dahulu terhadap apa yang kita ingin teliti. Pernyataan dugaan atau pernyataan sementara kita ini yang disebut hipotesis. Banyak sekali macam-macam konsep hipotesis ini, salah satunya jenis hipotesis. Terkadang dalam penelitian pun banyak sekali permasalahan-permasalahan dan juga kesalahan dalam melakukan penelitian. Seluruh yang akan dibahas dalam melakukan hipotesis penelitian akan dibahas dalam makalah ini beserta permasalah-permasalahan yang terjadi.
Hipotesis seperti yang kita ketahui (statistik), yakni dugaan yang mungkin benar, atau mungkin juga salah. Dia akan ditolak jika salah atau palsu, dan akan diterima jika faktor-faktor membenarkannya. Penolakan dan penerimaan hipotesis, dengan begitu sangat tergantung kepada hasil-hasil penyelidikan terhadap faktor-faktor yang dikumpulkan.
            Hipotesis dapat juga dipandang sebagai konklusi yang sifatnya sangat sementara. Sebagai konklusi sudah tentu hipotesis tidak dibuat dengan semena-mena, melainkan atas dasar pengetahuan-pengetahuan tertentu. Pengetahuan ini sebagian dapat diambil dari hasil-hasil serta problematika-problematika yang timbul dari penyelidikan-penyelidikan yang mendahului, dari renungan-renungan atas dasar pertimbangan yang masuk akal, ataupun dari hasil-hasil penyelidikan yang dilakukan sendiri. Jadi dalam taraf ini mahasiswa cukup membuat konklusi dari persoalan-persoalan yang diajukan dalam bab sebelumnya dan merumuskannya dalam bentuk statmen (pernyataan). 

Adapun makalah tentang Konsep Dasar Pengujian Hipotesis dapat di download pada link dibawah ini:
https://docs.google.com/document/d/1sghj_vj7Aia2H1IZXwMu6jX66MCr2-z8VChB2WlgMuo/edit?usp=sharing


daftar pustaka makalahnya silahkan download pada link dibawah ini :
https://docs.google.com/document/d/1TCZfGABHwBJTybhSTPJO6R2izDHjC9uVK1R8bNpVUDo/edit?usp=sharing
dan bawah ini adalah link ppt dari materi Konsep Dasar Pengujian Hipotesis, silahkan download juga :
https://docs.google.com/presentation/d/1JxkwpoX3iV_OQtOl1y7Q5iSm-mMod77BP2QbBHOgXvo/edit?usp=sharing 

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda di blog saya ini :)

2 komentar:

LIANI SETYARSIH mengatakan...

Terimakasih atas infonya, ini akan sangat bermanfaat untuk saya sbg seorang mahasiswa

Unknown mengatakan...

iya, terima kasih juga atas kunjungannya :)

Posting Komentar