Subscribe:

Pages

Jumat, 21 November 2014

Pemodelan Persamaan Struktural (SEM)

Blog ini saya buat untuk memenuhi salah satu proyek mata kuliah statistika dasar dengan dosen pengampu Bapak Apit Fathurohman, S.Pd., M.Si.

Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan penelitian maka pola hubungan antar variabel juga mengalami kompleksitas. Keterkaitan hubungan antarvariabel bersifat ilmiah, ada yang bersifat pola hubungan antara variabel saja dan ada yang bersifat pola pengaruh langsung maupun tidak langsung. Dalam penelitian seringkali menghadapi variabelyang tidak bisa diukur secara langsung dan memerlukan beberapa indikator untuk pengukurannya. Variabel yang tidak bisa diukur secara langsung ini disebut konstrak laten /variabel laten/variabel unobserved, sedangkan indikator sebagai variabel terukur disebutvariabel manifest / variabel observed.
            Dalam  format kuesioner, indikator atau variabel manifest merupakan item-item pertanyaan dari setiap variabel laten atau dari setiap variabel yang dihipotesiskan. Indikatorindikatortersebut harus dapat mencerminkan variabel laten yang didefinisikan, dapat dipertanggungjawabkan secara teori, mempunyai nilai logis yang dapat diterima, serta memiliki tingkat validitas dan  reliabilitas yang baik. Suatu metode atau teknik statistic diperlukan untuk mengukur atau menganalisis pola hubungan dan pola pengaruh antarvariabel secara simultan, serta untuk mengetahui indikator-indikator yang mengukur variabel adalah sahih dan reliable.

Untuk itu, saya menyediakan makalah tentang Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) yang dapat anda download pada link dibawah ini:


Dan ini dibawah ini adalah daftar pustaka makalahnya, silahkan download pada link ini :


Terima Kasih Atas Kunjungan Anda pada blog saya ini :) Lihat juga tautan saya lainnya ya dan kalau perlu tinggalkan komentarnya mengenai blog ini :)

11 komentar:

Unknown mengatakan...

Postingan anda sangat bermanfaat

Unknown mengatakan...

iya terima kasih, atas kunjungannya :)

Wiwit Astuti mengatakan...

makasih ya, sangat bermanfaat :)

Unknown mengatakan...

iya terima kasih atas kunjungan di blog saya :)

ika saputri mengatakan...

terima kasih, tulisan anda sangat bermanfaat :

Unknown mengatakan...

iya terima kasih atas kunjungannya dan sering-sering mampir ya ke blog saya ini :)

Unknown mengatakan...

Kerja bagus..

Unknown mengatakan...

ok terima kasih :)

Ardi Wiyantara mengatakan...

terima kasih infonya
kunjungi juga http://ardi-statistics.blogspot.com/ dan tinggalkan komentar

Unknown mengatakan...

iya terima kasih uga untuk kunjungannya :)

Unknown mengatakan...

tengkiu

Posting Komentar