Subscribe:

Pages

Kamis, 27 November 2014

Penyajian Data


Blog ini saya buat untuk memenuhi salah satu proyek mata kuliah statistika dasar dengan dosen pengampu Bapak Apit Fathurohman, S.Pd., M.Si.

           Penyajian data adalah langkah dasar sebelum menganalisis statistic lebih lanjut  yang telah dibenarkan. Pembuatan  keputusan  untuk pengamatan lebih lanjut dari data itu penting dan memberikan pemaparan  kedalam jenis-jenis model dan analisis yang harus digunakan. Biasanya penyajian data dimasukkan kedalam tabel frekuensi, diagram batang, diagram lingkaran, histogram, kurva frekuensi, grafik garis, pictograf, stem-and-leaf display, box plot dan ogive.
          Data kualitatif dapat diklasifikasikan kedalam kategori atau kelas. Data kualitatatif dapat diringkas dan disajikan kedalam bentuk  distribusi frekuensi, diagram batang, diagram lingkaran dan tabel yang memungkinkan.

          Suatu penyajian yang sederhana dari penyajian data kualitatif adalah Frekuensi distribusi. Frekuensi distribusi adalah tabel yang terdiri dari kolom dan baris. Kolom boleh berisi kategori dari data yang telah diketahui sebagai kelas. Kelas adalah sebuah kategori yang dimasukkan ke data kualitatif yang  di klasisifikasikan. Frekuensi kelas adalah angka dari penelitian yang dimasukkan kedalam kelas khusus.
           Selain itu, Data kuantitatif data kuantitatif diringkas kedalam susunan yang sering digunakan berbentuk tabel frekuensi dan distribusi frekuensi kumulatif. Data kuantitatif dapat diklasifikasikan kedalam data tidak berkelompok dan data berkelompok. Data biasanya disajikan dalam bentuk histogram, stem-and-leaf plots dan ogif.
          Untuk dapat memahami bagaimana cara penyajian data dalam suatu penelitian, saya telah menyediakan link yang dapat kalian unduh di bawah ini:

https://drive.google.com/file/d/0B4uAnh5KRyqbdTIzRlpaRXZ3b00/view?usp=sharing


          Terima Kasih atas kunjungan anda di blog saya in dan jangan lupa tinggalkan komentar anda mengenai blog ini.

0 komentar:

Posting Komentar